Kamis, 04 Desember 2008

PERJALANAN STUDY TOUR KU

Pada hari Rabu, 22 oktober 2008, saya akan mengadakan kegiatan pembelajaran diluar kelas atau study tour keberbagai tempat di tanah Jawa. Saya akan melakukan kegiatan tersebut dengan teman-teman yang lain yang termasuk peserta rombongan untuk berangkat kesana. Kegiatan study tour ini bertujuan untuk :
1. Mengembangkan multi kecakapan siswa sekaligus memperluas wawasan siswa tentang obyek yang akan dikunjungi pada daerah Jakarta, Bogor, Bandung dan Yogyakarta.
2. Mengdakan kegiatan study banding ke sekolah diluar Bali yang dianggap lebih maju.
3. Meciptakan suasana menyenagkan dan menantang serta memotivasi siswa dalam pembelajaran diluar siswa.
Hasil yang diharapkan untuk kegiatan ini sebagai berikut :
1. Para peserta mendapatkan pengalaman baru tentang obyek yang dikunjungi.
2. Terciptanya pola sikap dan perilaku saling menghargai, menghormati dan bekerjasama dalam satu kesatuan yang harmonis dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran.
3. Siswa mempunyai keterampilan membuat laporan terhadap objek yang di kunjungi.
setelah saya menyiapkan segala bekal, diantaranya kamera, pakaian secukupnya, dan peralatan, serta camilan untuk perjalanan. Saya dan para peserta berkumpul di sekolah untuk registrasi peserta dan berdoa bersama demi demi keselamatan kami semua. Setelah pembagian tempat duduk untuk bus telah ditentukan. Ternyata saya mendapatkan tempat duduk pada bus II. Meskipun saya terpisah bus dengan teman-teman sekelas dengan saya, namun saya tetap melanjutkan perjalanan dengan riang gembira.
Kami langsung menuju bandara internasional Ngurah Rai dengan menggunakan bus yang telah disiapkan oleh Bali permata tour yang ditunjuk sekolah kami untuk membimbing para peserta dalam kegiatan pembelajaran diluar kelas ini. Setelah sampai di bandara internasional Ngurah Rai tiba saatnya pembagian tiket pesawat. Ternyata saya mendapatkan tiket pesawat gelombang II yang rencananya berangkat pada jam 16.30 wita. Lagi-lagi saya terpisah dengan sebagian teman sekelas saya. setelah saya menunggu sekitar 2 jam, ternyata pesawat yang akan saya tumpangi mengalami keterlambatan dan diundur keberangkatannya sekitar 15 menit. Saya pun dengan sabar menunggunya.
Akhirnya setelah menunggu kami pun berangkat dengan menggunakan pesawat Garuda boeing 737 sekitar pukul 16.40 wita. Didalam pesawat kami mendapatkan pelayanan yang cukup memuaskan. Setelah menempuh perjalanan didalam pesawat sekitar 1 jam. Akhirnya kami sampai di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang. Kami sampai disana sekitar jam 17.15 wib.
Kami mengambil barang-barang kami dengan segera karena takut tertinggal dari teman-teman gelombang I yang sudah berangkat ke pertokoan cempaka putih. Setelah itu kami masuk ke bus yang telah disiapkan oleh permata tour dan segera menyusul yang lainnya. Didalam bus kami mendapatkan pengarahan dan seluk-beluk tentang kota Jakarta oleh pemandu perjalanan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari bandara kamipun sampai dipertokoan Cempaka Mas.
Sampai di Cempaka Mas kami diberi waktu sekitar 30 menit. Kami tidak menyianyiakan waktu dan membeli oleh-oleh untuk dibawa ke Denpasar. Meski masih banyak tempat yang akan dikunjungi namun tidak sedikit yang memborong pakaian-pakaian disana. Karena di Cempaka mas yang tergolong grosiran pakaiannyapun murah-murah dari pada di Denpasar.
Setelah cukup lama membaur pada keramaian cempaka mas kami keluar dari sana karena waktu yang ditentukan telah usai. Lalu kami berkumpul didepan pertokoan Cempaka mas untuk berfoto. kami bersiap untuk perjalanan menuju hotel Pacenongan Jakarta pusat. Setelah yakin tidak ada yang tertingal kami menuju bus masing-masing. Didalam bus kami mendapatkan pengarahan untuk besok hari.
Akhirnya kamipun sampai di hotel Pacenongan dan segera mengambil barang-barang dari dalam bus. Lalu para peserta makan malam di dalam hotel. Setelah usai menyantap makan malam, kami segera check in hotel guna mendapatkan kamar. Ternyata saya mendapatkan kamar 314 bersama teman saya Ivan dan Danu. Setelah perjalanan panjang kami pun tertidur pulas.
Besok harinya Kamis,22 Oktober 2008 setelah memebereskan kamar hotel kami berencana untuk pergi ke SMPN 1 Jakarta dan tempat wisata yang ada disana, namun sebelum itu kami mengadakan makan pagi. Setelah makan pagi telah selesai kami segera masuk ke bus dan tak sabar untuk melihat kota Jakarta dari dekat. Saya mendapatkan bus I, satu bus dengan teman-teman sekelas saya. Lalu kami dengan gembira melakukan perjalanan dengan mengunakan 4 buah bus dari travel.

Kota Metropolitan itulah julukan kota Jakarta, bagaimana tidak kota Jakarta pada siang hari mempunyai penduduk kurang lebih 20 juta orang, namun pada malam hari penduduk jakarta menjadi kurang lebih 10 juta orang. Hal itu terjadi karena penduduk pada siang hari sebagian berpindah ketempat kediaman mereka disekitar bogor dan lainnya, karena pekerjaannya sudah dilakukan pada siang hari di Jakarta. Suku asli yang ada di Jakarta merupakan suku Betawi. Namun Jakarta sekarang telah memiliki penduduk yang sangat beragam suku dari berbagai penjuru. Kebanyakan para pendatang ingin mencari nafkah disana sehingga kota Jakarta menjadi kota yang sangat padat dan terkenal kesibukannya.
Setelah menempuh perjalanan sekitar 15 menit, kami sampai ditujuan yaitu SMPN 1 Jakarta yang ada di jalan Cikini raya no.120 jakarta pusat yang merupakan sekolah tertua yang ada di Jakarta dengan arsitektur khas kolonial Belanda.
Sesampainya di sana kami disambut hangat oleh para guru dan siswa-siswinya kamipun terlebih dahulu diajak ke ruang aula Smpn 1 Jakarta. Sampai disana kami disambut dengan pidato kepala sekolah Smpn 1 Dra. Ruliah Lestari. Lalu kami mendapatkan hiburan berupa musik angklung, paduan suara dan yang terpenting yaitu tari Betawi. Setelah puas dengan hiburannya kami diajak berkeliling sekolah yang luasnya kurang lebih 0,5 hektar. Setelah kami simpulkan ternyata sekolah yang memiliki 54 orang guru dan 886 orang murid ternyata sudah mempunyai fasilitas yang lengkap.
Fasilitas-fasilitas yang telah dimiliki berupa 24 kelas reguler, 3 kelas RSBI, ruang guru, lab fisika, lab biologi, lab bahasa, 2 lab komputer, koperasi, kantin, dll. Setelah disana sekitar 2 jam lalu kami dilepas dengan hangat sambil bertukar kenangan dan menuju bus masing-masing. Setelah semua rombongan masuk ke dalam bus kami berangkat menuju monumen nasional yang juga berada di Jakarta Pusat.
Setelah menempuh peralanan sekitar 15 menit, kamipun sampai di monas (monumen nasional). Monumen Nasional dirancang oleh arsitek Ir soedarsono dan diresmikan oleh presiden pertama kita bapak Ir Soekarno. Monumen nasional didirikan untuk menjalankan politik mercusuar. Monumen Nasional menghabiskan dana sekitar 7 milyar rupiah. Monumen Nasional mempunyai puncak berlapiskan emas murni yang beratnya 50 killogram.

Kami berkeliling monas terlebih dahulu sebelum kepuncak monas. Setelah berkeliling-keliling monas kami antre didepan lift untuk menuju puncak monas. Antrian di sana cukup panjang karena pengunjung yang banyak dan jumlah lift yang hanya satu dan hanya muat 15 orang untuk memasuki lift itu. Kami dengan sabar menunggu antrian tersebut meski harus berantre cukup lama.
Setelah menuggu cukup lama menunggu kurang lebih 45 menit akhirnya saya berhasil menuju puncak monas. Pemandangan di puncak monas sungguh menakjubkan. Kita dapat melihat kota Jakarta dari ketinggian ribuan kaki. Di atas puncak monas kita dapat melihat kota Jakarta seperti miniatur. Banyak gedung-gedung pencakar langit berjejer rapi dan rumah-rumah tersusun dengan rapinya. Diatas puncak monas kita dapat melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian dengan teropong jarak jauh dengan membeli 1 butir coin yang berharga Rp 2.000,- dan kitapun dapat memakai teropong tersebut.
Setelah puas berada dipuncak monas, kami segera turun dari monas. Namun kami punya kendala saat antri untuk masuk lift karena banyaknya pengunjung yang juga ingin turun dari sana. Akhirnya kami dapat turun dari sana dan menuju museum kemerdekaan yang berada di kaki monas. Didalam museum tersebut kita dapat mempelajari diorama 4 dimensi yang berisi tentang perjalanan hidup rakyat-rakyat indonesia. Dari diorama tersebut kita dapat melihat perjalanan mulai dari jaman purba sampai bangsa Indonesia merdeka hingga kejadian-kejadian penting yang ada di Indonesia dari tahun ke tahun.
Setelah puas berkeliling diorama yang ada, Kami segera menuju bus kami yang berada di tempat parkir. Kami sangat puas berada di monas sekitar 3 jam. Setelah semua peserta berkumpul di bus kami mendapatkan makan siang berupa nasi kotak besert lauknya. Setelah selesai makan siang kami menuju ke Ancol untuk melanjutkan perjalanan. Setelah kurang lebih 1 jam dalam perjalanan kami tiba di Ancol yang bertempat di Jakarta utara.
Setelah berada di Ancol, pertama-tama kami menuju ke sea world kedatangan kami disana untuk menambah wawasan kami tentang berbagai macam ikan dari seluruh dunia dan kelangsungan hidupnya. Disana kami diberikan lembar kerja untuk menambah wawasan kami. disana kita dapat melihat kelangsungan hidup ikan-ikan didalam banyak aquarium yang sangat besar. Disamping masing-masing aquarium terdapat berbagai macam hal dari ikan yang ada didalamnya dari nama ikan tersebut sampai cara berkembang biak ikan tersebut.

Ukuran Ikan-ikannya sangat beragam dari yang memiliki badan yang sangat kecil sampai yang sangat besar. Dari ikan yang lucu-lucu yang berwarna-warni sampai ikan yang sangat buas seperti ikan hiu. Bahkan berbagai jenis kura-kura dan penyu juga ada. Disana juga ada koleksi ikan-ikan langka yang telah diawetkan dalam aquarium kecil khusus tempat ikan yang diawetkan. Disana kami diperbolehkan memegang penyu-penyu besar, benar-benar pengalaman yang tak terlupakan.
Setelah kurang-lebih 2 jam disana dan telah menyelesaikan lembar kerja yang diberikan oleh guru, kami bersegera ke bus untuk melanjutkan perjalanan. Sesampainya di bus kami kami segera menuju Dunia Fantasi yang terletak tidak jauh dari sana. Setelah sampai di Dunia Fantasi kami pun segera berkumpul di depan pintu gerbang untuk diberi tiket oleh tour leader kami. Lalu dengan sangat bersemangat kami masuk ke area dunia fantasi. Setelah masuk kami berpencar dan terbagi banyak kelompok namun saya terpencar dari kelompok saya dan segera mencari mereka.
Sambil mencari mereka saya mencoba permainan ontang-anting. Setelah selesai saya menghubungi teman-teman saya, ternyata mereka sedang berantri untuk mencoba permainan halilintar. Permainan halilintar adalah permainan dengan menggunakan jet coster berkecepatan tinggi. Awalnya saya sedikit ragu untuk mencobanya namun karena yang lain ikut mencobanya saya tidak mau ketinggalan dari yang lain. Akhirnya saya bertemu dengan kelompok saya. Kami dengan sangat bersemangat mencoba berbagai macam permainan disana. Setelah puas main di Dufan kami disuruh berkumpul di dekat bus.
Setelah semua anak berkumpul kami mengikuti tour leader untuk menuju tempat makan yang tak jauh dari sana dengan berjalan kaki. Setelah sampai ditempat makan, kami dengan lahap menyantap menu yang telah disajikan karena telah beberapa jam mencoba beberapa permainan di Dufan sana. Lalu sehabis makan kami segera berkumpul di bus. Setelah semua berkumpul di bus, kami berangkat menuju hotel karena jam telah menunjukkan jam 7 malam. Setelah sampai di hotel Pacenongan kami segera tidur untuk hari esok yang telah menunggu.

Hari ke-3 di Jakarta kami berencana untuk mengunjungi Taman mini Indonesia indah dan melanjutkan ke Taman Safari di cisarua, Bogor. Kami bersegera untuk mengemas barabg-barang kami karena hari ini adalah hari terakhir di Jakarta. Setelah check-out dari hotel kami bersegera menyantap makanan yang telah disediakan. Setelah selesai santap pagi kami segera menuju bus ubtuk melanjutkan perjalanan kami. Jam 7 kami telah meninggalkan hotel pacenongan menuju taman mini. Taman mini berada di Jakarta pusat. Taman mini merupakan taman yang terdiri dari semua rumah-rumah adat yang ada di Indonesia dan disatukan dalam sebuah area kurang lebih 1000 hektar.
Setelah melakukan perjalanan sekitar 1 jam kami tiba ditaman mini.
Kami naik di mobil wisata untuk berkeliling disana. Setelah sekitar 2 jam berkeliling dengan mobil wisata, kami melanjutkan perjalanan ke keong mas untuk melihat film dengan layar yang sangat besar setinggi ruko 2 tingkat. Nama film yang kami lihat berjudul wild ocean yaitu kisah tentang kerasnya kehidupan didalam laut. Setelah selesai menonton film di keong mas, kami menuju ke bus masing-masing. Setelah semua berkumpul kami segera melakukan perjalanan ke Bogor.
Didalam perjalanan ke Cisarua, Bogor, kami menemukan berbagai macam pemandangan yang belum kami lihat. Seperti pemandangan kebun teh yang sangat luas dan pemandangan bukit-bukit yang berjejer. Setelah sekitar 2 jam kami tiba di taman safari. Taman safari adalah taman yang berisi berbagai macam satwa-satwa liar dan langka dari berbagai pelosok dunia. Taman Safari bertempat di cisarua, Bogor. Kami mengelilingi Taman safari dengan menggunakan bus. Disana kami banyak menemukan berbagai macam hewan yang tidak pernah kami lihat. Hewan-hewan disana hidup layaknya dihabitat asli mereka. Satwa-satwa di sana dibagi jadi dua kelompok hewan yaitu hewan buas\pemakan daging dan pemakan rumput yang masing-masing di tutup dengan portal sebagai penghalang.
Setelah mengelilingi Taman safari kami berhenti di tempat oleh-oleh khas taman safari. Setelah puas berbelanja kami segera melanjutkan perjalanan ke cibaduyut. Di perjalanan kami berhenti ditempat makan di sekitar bogor dan menyantap makan siang. Lalu kami melanjutkan perjalanan, sekitar 2 jam kami sampai di cibaduyut yang terkenal akan semtral sepatu dan boneka. Setelah membeli berbagai macam oleh-oleh dari sana kami degera menuju dus untuk menuju perjalanan ke Yogyakarta.

Setelah sampai ke Yogyakarta kami menuju ke lokal restoran disana untuk makan pagi. Setelah makan pagi kami berangkat menuju keraton yogyakarta. Setelah sekitar 1 jam kamipun tiba disana dan masuk dengan bimbingan tour leader. Disana kami dapat melihat berbagai macam benda peninggalan raja-raja keraton. Setelah melihat-lihat disana kami menuju ke malioboro yaitu tempat wisata belanja yang ada di Yogyakarta. Disana kami dapat membeli oleh-oleh khas yogya dengan harga cukup terjangkau. Setelah sekitar 1 jam disana kami menuju ke Candi Borobudur. Setelah sekitar 1 jam melakukan perjalanan akhirnya kami sampai pada tujuan kami berikutnya yaitu Candi borobudur. Kami masuk ke areal candi dengan di pimpin tour leader dabn menonton film tentang Candi borobudur di aulanya.
Lalu kami menuju Candi borobudurnya dan perlahan menuju puncak candi. Setelah itu kami menuju tempat oleh-oleh khas Candi borobudur. Setelah puas kami menuju bus masing-masing. Kami akan menuju hotel Brongto yang akan menjadi tempat penginapan kami selanjutnya. Lalu kami check-in disana dan tidur dikamar masing-masing. Paginya kami langsung Check-out untuk meninggalkan hotel itu. Lalu kami menyantap hidangan pagi sebelum berangkat. Setelah itu kami berangkat menuju ke tempat membeli oleh-oleh makanan bakpia. Setelah itu kami menuju ke Candi Prambanan di Klaten, jawa tengah. Setelah menempuh perjalanan 2,5 jam kami sampai di candi perambanan. Kami berkeliling disana dan menuju ke candi-candi disana.
Setelah selesai disana kami menuju ke lokal restoran dan menempuh perjalanan kembali ke kota Denpasar yang kami cintai ini. Setelah 6 hari lamanya meninggalkan sanak-saudara di rumah, kami menjadi rindu akan rumah kami masing-masing namun kami harus melewati satu malam yang panjang selama perjalanan. Lalu kami pun tertidur dengan lelap didalam bus.
Kesokan harinya kami mendapatkan makan pagi sebelum menyebrang ke Denpasar. Tempat kami makan ini bersebelahan dengan laut jawa yaitu di restoran Grafika ketapang. Lalu setelah sampai dipelabuhan kami menyebrangi selat bali sampai di pulau bali kami harus menempuh perjalanan selama 3 jam. Sesampainya di Denpasar kami langsung kami telah ditunggu oleh keluarga kami di sekolah Smpn 1 Denpasar yang kami cintai. Lalu kami menuju ke rumah masing-masing untuk menemui keluarga kami yang sudah menunggu dirumah. Pengalaman ini tidak akan pernah kami lupakan seumur hidup, sungguh kenangan yang sangat indah untuk di kenang